Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

The Great Asia Afrika Sensasi Berwisata ke 7 Negara 2 Benua

Daftar Isi [Buka]

The Great Asia Afrika Bandung adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Lembang yang baru di resmikan pada sekitar akhir tahun 2019, memiliki luas area ±5 hektar.
the great asia afrika full view
instagram.com/wans_lensc
Dulunya lokasi ini adalah tempat parkir kendaraan jika parkiran Farm House sudah penuh, karena lokasinya seperti berbukit dan memiliki lembah. Berkat ide nyentrik sang pemilik, tempat yang dulunya hanya sebatas parkiran berhasil disulap menjadi tempat wisata yang unik.
miniatur tangan penari india
instagram/@opiropiahalawiyah.93
Keberhasilan The Great Asia Afrika tebukti dari umurnya yang terbilang baru, tapi sudah berhasil menarik kedatangan wisatawan. Tidak jarang berbagai foto – foto viral, pengambilan gambarnya berasal dari sini.

Selain karena faktor keindahan alam dan udara sejuk seperti pada tempat wisata di Lembang Bandung yang lainnya, kepoers bisa merasakan sensasi berkeliling 7 negara di 2 benua yang berbeda.Ya, sesuai dengan namanya yang diambil dari nama benua juga. :D

Bukan hanya menyediakan berbagai miniatur bangunan untuk spot berfoto seperti di negara aslinya saja, kepoers juga bisa mencicipi kuliner dari tiap – tiap negara yang dikunjungi.

Sedikit catatan atau istilah kerennya “fyi”. 

Sebelum lanjut ke berbagai wahana yang ada, karena tempatnya yang luas dan berbukit – bukit kepoers bisa naik lift atau gondola untuk turun dan naik. Harga tiket untuk 1x perjalan naik Rp. 10.000,- begitu juga sebaliknya.
view atas the great asia afrika
instagram.com/@agustini_cho
Akan tetapi, untuk kali ini ada tapinya ya. :D Lift ini gratis untuk penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil ataupun yang membawa stroller. Jadi, bagi kepoers yang masih muda kalau malas / cape berjalan / sekedar ingin merasakan naik gondola naik turun bukit harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan.

Tiket masuk yang sudah dibeli di loket / pintu masuk parkiran jangan dibuang ya. Terlebih kalau membeli tiketnya di pintu masuk parkir, jangan ditinggal di kendaraan. Tiket tersebut bisa ditukar dengan “welcome drink” di sudut kiri deket loket menuju wahana.

Jika sebelumnya sudah membeli tiket di pintu masuk parkiran, cukup tunjukkan tiket yang sudah kepoers beli tadi. Berbagai pilihan minuman yang tersedia mulai dari thai thea, jus nanas, jus jeruk, jus strawberry, dan es teh manis.
Oke, mari lanjut kepoin.

Wahana di The Great Asia Afrika Lembang

Korea

repika negara korea the great asia afrika
instagram/@amenomadlife
Sesudah membeli tiket, kepoers akan langsung disambut di Negara Korea. Tentunya negara ini menjadi idaman, apalagi bagi kepoers pecinta K-Pop atau drakor. Disini terdapat berbagai ornamen khas dari negara ginseng.

Mulai dari rumah – rumah tradisional yang beratap jerami lengkap dengan dapurnya, pada bagian bagian etalase terdapat berbagai makanan khas Korea.

Jangan dimakan ya kepoers, soalnya itu palsu alias tiruan tapi tenang kalau ngiler pengen makan kimchi atau yang lainnya disini juga ada yang jualan. Selain itu masih ada ornamen bendera, kincir air, patung berbaju Hanbok, hingga alat tradisional yang dipakai untuk hukuman mati.

Kepoers juga bisa berfoto layaknya orang Korea dengan menyewa Hanbok, dengan harga Rp. 50.000,-. Dari sini kepoers bisa melihat dan mengambil foto berbagai negara lainnya yang ada di bawah lembah, karena sedang berada di posisi paling atas.

Thailand

Selanjutnya dengan menuruni jalan dan melewati beberapa dekorasi pintu pada bagian dinding, kepoers akan sampai di Negara Thailand. Tempatnya yang tidak terlalu luas dan bisa dibilang “nyumput” membuat jarang dikunjungi wisatawan.
Itu bahasa apa min? Bahasa Sunda yang artinya “sembunyi”. :D

Miniatur bangunan dengan kombinasi cat berwarna putih dan emas seperti di negara asalnya. Selain bisa berfoto, kepoers juga bisa mencoba kuliner khas Thailand.

Tidak jauh dari sini juga terdapat Negara Turki, hanya saja disini kepoers hanya bisa menikmati berbagai kuliner atau meminum segelas Tukis Coffe. Untuk miniatur bangunan dan yang lainnya mungkin sedang dalam proses berbarengan dengan Negara Timur Tengah.

India

miniatur negara india the great asia afrika
instagram/@sriimul_yanii
Kepoers penasaran area selanjutnya? Negara yang satu ini salah satu yang favorit di semua usia, terutama emak – emak. Mungkin tempat wisata di Lembang lainnya belum ada spot foto bertema India.

Ketika masuk, kepoers akan disambut dengan gerbang bermotif mural khas India, replika Kota Jaipur atau yang lebih dikenal dengan sebutan “The India’s Pink City” diambil sebagai konsep untuk mewakili negara tersebut.

Kepoers bisa memilih jalur kearah kanan atau kiri, jika ingin menyewa baju bisa memilih jalur kearah kanan. Disana kepoers bisa menyewa pakaian adat tradisional Kurti Salwar (untuk pria) dan Lenhga Coli (untuk wanita). Harga sewa baju disana pun beragam mulai dari Rp. 85.000,- untuk orang dewasa, tersedia juga untuk anak – anak dengan harga sewa Rp. 50.000,- per jam.
miniatur negara india the great asia afrika
instagram/@fiqhrifains_
Selain tempat penyewaan baju, kepoers juga bisa berfoto dengan Gadis India. Selanjutnya pada bagian jalur kiri terdapat sepasang patung tangan raksasa memakai tato mehndi dengan posisi seperti sedang bermeditasi.

Uniknya, tempat wisata di Lembang ini juga terdapat patung gajah raksasa bercorak berwarna – warni lengkap dengan kursi dan payung yang bisa di tunggangi untuk berfoto.

Masih belum habis juga tempat yang instagramable, pada setiap bagian dinding juga diberikan motif warna – warni khas India yang cocok untuk dijadikan background foto. Tidak heran jika spot ini menjadi salah satu yang tidak pernah sepi pengunjung.
miniatur gajah india the great asia afrika
instagram.com/@jaipur_asia_africa
Puas berfoto? Kepoers bisa mampir ke toko yang menjual berbagai menu kuliner tradisional khas, seperti roti cannai ataupun membeli pernak – pernik khas India.

Indonesia

Pada bagian belakang Negara India, ada negara yang kita cintai. Tidak lain dan tidak bukan adalah Indonesia, berbagai adat daerah diambil untuk menjadi tema. Selain itu kepoers juga bisa menikmati menu kuliner tradisional khas dari berbagai daerah di Indonesia sambil lesehan di saung – saung yang disediakan.

Jepang

miniatur negara jepang the great asia afrika
instagram/@arlmn26
Saatnya beralih ke negeri sakura, bisa dibilang luas area disini lebih luas dibandingkan dengan negara – negara sebelumnya. Selain India, area negeri sakura ini menjadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung tempat wisata di Lembang ini.

Dengan mengambil tema dari salah satu kuil suci yang populer di Kota Tokyo. Ketika perjalanan masuk kepoers akan melewati replika Torri Gate. Dibuat menyerupai negeri asalnya, pilar – pilar berwarna orange pun disusun berjajar dan terlihat sangat instagramable.
miniatur negara jepang the great asia afrika
instagram/@iddadwiiartiie
Perbedaan yang paling menonjol adalah tidak adanya huruf kaligrafi kanji Jepang pada bagian pilar. Pada bagian ujung pilar terdapat replika Kuil Fushimi Inari Taisha (伏 見 稲 荷 大 社).

Selain karena bangunan yang mirip pihak pengelola juga berhasil memanfaatkan kontur tanah yang berbukit sehingga kuil tampak seperti berada di lereng gunung seperti aslinya. Di sekitarnya juga terdapat replika arashiyama bamboo grove.
miniatur nakabashi the great asia afrika
instagram/@ikigai131
Selanjutnya kepoers akan dimanjakan dengan replika jembatan Nakabashi yang pada bagian sisinya terdapat kolam – kolam kecil, serta dilengkapi dengan Koinobori atau bendera berbentuk ikan koi.
Disini juga kepoers bisa menyewa pakaian tradisional khas Jepang dan bisa memilih; Kimono, Yukata, atau Hakama dengan harga sewa Rp. 150.000,- per jam.

Masih banyak aktifitas menarik lainnya yang kepoers bisa lakukan, terlebih jika kepoers membawa buah hati. Diantara berbagai tempat wisata di Lembang lainnya, The Great Asia Afrika juga turut menyuguhkan permainan Kingyo Sukui.
wahana permainan kingyo the great asia afrika
instagram/@cecetiti_play
Pernah denger? Atau belum pernah? Itu adalah salah satu permainan tradisional menangkap ikan yang berasal dari Jepang, bisa dimainkan dengan anak – anak maupun dewasa. Alat yang dipakai bukan pancingan ataupun jaring, tapi seperti saringan yang terbuat dari kertas, biasa disebut “Poi”.

Caranya gampang – gampang susah karena kepoers harus “menyerok” (saya tidak tau ini bahasa sunda atau indonesia :D) ikan dengan alat tersebut tanpa membuat kertas sobek, jika gerakan terlalu cepat otomatis kertas akan sobek dan jika terlalu lama maka kertas akan sobek oleh air atau ikan yang menerobos kertas.
replika kuil jepang the great asia afrika
instagram/@aboru_kotta
Jika berhasil kepoers bisa membawa pulang ikan secara cuma – cuma, dengan membayar Rp. 10.000,- untuk satu kali kesempatan. Tempat wisata di Lembang ini juga menyediakan aktivitas menarik lainnya seperti origami atau seni melipat kertas ala Jepang.

Berbagai menu kuliner kah negeri sakura juga tersedia disini, misalnya Takoyaki;Okonomiyaki;dan masih banyak yang lainnya. Pada bagian belakang terdapat penjual tanaman hidroponik, jika kepoers tertarik membeli.

Animal Park

Sebelum lanjut ke negara terakhir yang terdapat pada tempat wisata di Lembang ini, kepoers juga bisa berinteraksi dengan berbagai hewan atau mengajak bermain anak dengan hewan – hewan yang ada.

Koleksi hewan yang ada mulai dari kelinci, marmut, kambing, iguana, hingga laba – laba besar dan masih banyak yang lainnya. Apabila ingin memberi makan kelinci, seikat wortel dijual dengan harga Rp. 10.000,-

Disini juga ada fotografer yang siap membantu mengambil foto, dengan biaya Rp. 25.000,- untuk ukuran 4R dan ada biaya tambah Rp. 10.000,- jika ingin mendapatkan file fotonya.

Afrika

Akhirnya, kepoers sampai juga di negara terakhir yang nama negaranya dipakai sebagai nama tempat wisata di Lembang ini.

Ketika sampai di Afrika kepoers akan disuguhkan dengan tebing yang menjulang tinggi dan hamparan rumput serta bebatuan, membuat kesan berbeda tersendiri. Jika sebelumnya merasa sejuk, maka disini sengaja dibuat agar terkesan gersang seperti pada aslinya.
miniatur negara afrika the great asia afrika
instagram/@valdaaaevaa
Bukan hanya bisa berfoto dengan pemandangan dataran terbing gersang saja, kepoers juga bisa mencoba menikmati kuliner sate unik khas Afrika. Pas banget ya? Lelah berkeliling 6 negara, saatnya makan.

Hal unik pertama adalah karena sate yang biasanya kita tau pasti ditusuk, sedangkan untuk kali ini hanya disajikan seperti layaknya daging yang di potong – potong. Bukan hanya itu saja, jika kita biasa makan sate ditemani nasi atau lontong.
bagunan replika afrika
instagram/@obrooh
Sate khas Afrika disajikan bersama pisang goreng. Unik bukan? Tapi jangan khawatir, jika kepoers tidak selera makan sate ditemani pisang goreng. Kepoers bisa menggantinya dengan nasi seperti normal.

Daging yang disediakan juga mulai dari ayam, kambing, dan sapi. Selain sate, masih banyak menu kuliner khas lainnya. Di sekitar lokasi juga terdapat kios yang menjual pernak – pernik khas afrika. Jika kepoers ingin beribadah dulu, terdapat Musholla disini.
jembatan nakabashi replika the great asia afrika
instagram/@yohanes_kurniawann

Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa Lembang Bandung 2020

Untuk harga tiket masuk Rp. 50.000,- berlaku sama weekday / weekend. Jika kepoers membawa anak juga akan dikenakan tiket, kecuali jika berumur dibawah 2 tahun.

Harga tiket masuk sudah termasuk untuk semua negara, kecuali jika kepoers ingin menyewa kostum tradisional dikenakan biaya tambahan.
Untuk parkir mobil Rp. 10.000 untuk 2 jam pertama, selanjutnya Rp. 3.000 per jam. Parkir motor Rp. 1.500,- per jam.

Lokasi The Great Asia Afrika Lembang Bandung

Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Jam Buka The Great Asia Afrika Lembang Bandung

Buka dari jam 08:00 – 20:00.

Rute Jalan Menuju The Great Asia Afrika

Jika kepoers keluar dari Gerbang tol pasteur, rute umumnya lurus terus hingga di Jembatan Pasopat (pilih yang arah turun), setelah ketemu lampu merah lalu belok kiri kearah Jalan Sukajadi (atau yang lebih terkenal dengan rute ke PVJ). Lalu naik terus saja kearah atas Jl.Setiabudi.

Atau jika Jl.Sukajadi macet, kepoers bisa naik lewat Jl.Surya Sumantri (atau kearah Kampus Maranatha). Ketika keluar dari Gerbang Tol Pasteur, jangan lurus ke lampu merah tapi pilih ke pintu pembuangan tol yang ada disebelah kiri, tidak jauh sesudah kepoers tap kartu pembayaran elektronik.

Lalu naik keatas melewati kampus, memutar ke Jl.Lemahneundeut selanjutnya belok kiri ke Jl.Terusan Sutami, ikuti jalan sampai ketemu Jl.Sukajadi. Selanjutnya tinggal naik terus keatas seperti rute sebelumnya.

Angkutan Umum menuju The Great Asia Afrika Bandung

Yang paling mudah jika kepoers naik kereta api, turun di Stasiun Bandung lalu tinggal naik 1x angkot jurusan Lembang (berwarna putih). Kepoers bisa turun tepat di depan lokasi.

Sedikit Tips dan Informasi Update Juni 2020

Karena lokasinya yang luas, pastikan badan dalam kondisi fit jangan lupa untuk memakai sepatu yang nyaman dan pakai kaos kaki. Untuk berjaga – jaga sebaiknya bawa payung atau jas hujan plastik tipis (agar mudah diselipkan di tas). Sudah pasti persiapkan kamera ataupun ponsel dan powerbank.

Apakah The Great Asia Afrika ditutup?

Isu ini beredar sekitar bulan Februari 2020, dikabarkan karena melanggar aturan tata letak salah satu tempat wisata di Lembang ini terancam ditutup.

Sehubungan dengan kelonggaran Pembatan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung. Namun dengan perubahan jam operasional, buka dari jam 09:00 – 18:00, dan untuk sementara pengunjung yang diperbolehkan hanya KTP Jawa Barat saja.

Sekian ulasan kepoinbandung.com semoga dapat membantu memberikan refrensi tujuan berlibur kepoers.




Post a Comment for "The Great Asia Afrika Sensasi Berwisata ke 7 Negara 2 Benua"