Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Lembang Park and Zoo, Harga Tiket dan Berbagai Wahana

Daftar Isi [Buka]
Lembang Park and Zoo baru dibuka pada akhir tahun 2019. Sebelumnya pasti kepoers juga sudah tau kalau sebelumnya sudah lama ada Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo yang ada di dekat Institut Teknologi Bandung (ITB).
Lembang Park and Zoo

Di lahan seluas ±20 hektar, sebagai salah satu dari sekian banyak tempat wisata di Lembang pengelola ingin menghadirkan konsep baru dengan mengadopsi gaya ala Eropa. Bisa dibilang lebih seperti gaya Taman Safari sih kalau menurut mimin. :D

Terdapat kurang lebih 370 ekor satwa yang masih akan terus bertambah, sesuai dengan namanya bukan saja kebun binatang tapi juga sebagai tempat bermain dan juga edukasi yang sangat cocok jika kepoers ingin mengajak main si kecil sambil memperkenalkan kepada hewan.

Terdapat ±500 ekor hewan dari berbagai jenis, 11 wahana permainan, dan beberapa transportasi pendukung. Mengingat luas area yang bisa dibilang cukup besar, kepoers bisa menyewa berbagai transportasi selama berada di lokasi wisata ini.

Harga Tiket Lembang Park and Zoo Terbaru 2022

HTM untuk weekday Rp 40.000,- sedangkan pada weekend Rp. 50.000,-. Sedangkan untuk anak berusia dibawah 3 tahun gratis tidak dikenakan tiket masuk dan memenuhi persyaratan dibawah 80cm (bagi kepoers yang membawa anak / adik / keponakan diharuskan untuk mengukur tinggi badan dahulu pada loket pembelian tiket masuk). Belum termasuk parkir motor Rp. 5.000,- sedangkan Rp. 10.000,- untuk mobil, harga ini berlaku bukan per jam melainkan untuk (1) satu hari penuh.

Setelah membayar, kepoers akan diberikan tiket berbentuk gelang tangan. Jaga baik – baik gelang yang dipakai ya kepoers jangan rusak apalagi sampai hilang, karena nanti saat di pintu keluar bisa ditukarkan dengan goodie bag berisi snack dan permen. Yang akan mengingatkan anak – anak ketika pulang dari pesta ulang tahun temannya.

Apakah Ada Promo Tiket Masuk Lembang Park and Zoo?

Ada, jika kepoers datang bersama rombongan dengan minimal 50 orang akan mendapatkan potongan HTM 10%. Selain itu di pada masa pandemi ini, pihak pengelola juga mengadakan pre-sale Rp. 30.000,- berlaku untuk weekend dan weekday dengan pembelian minimal 5 tiket.

Tiket yang kepoers beli berlaku hingga 31 Desember 2021.

Oke kita lanjut, Review Lembang Park and Zoo

Berbagai Koleksi Satwa / Hewan  
  • Bird Aviary
Bentuknya seperti kandang burung besar yang didalamnya terdapat burung sparrow, macau, kakatua, dan masih banyak yang lainnya terbang bebas di dalam kandang. Kepoers bisa mengajak berfoto berbagai koleksi burung yang ada di kandang ini.

Tenang, karena burung – burung yang ada disini sudah jinak, selain itu ada keepers yang akan membantu jika ingin berfoto atau berinteraksi dengan berbagai koleksi burung.

Untuk bisa masuk kesini kepoers harus membeli tiket tambahan seharga Rp. 20.000,- yang ditukar dengan makanan burung.
  • Area Reptil
Selain kepoers bisa berinteraksi dengan koleksi burung yang ada, disini juga kepoers bisa berinteraksi dengan beberapa reptil yang ada. Tentunya sekalian berfoto, tenang seperti pada spot sebelumnya disini juga ada kepeers yang akan menemani kepoers berinteraksi dengan koleksi reptil.

Koleksi yang ada disini antara lain; leopard gecko, berbagai jenis ular, iguana merah dan hijau, buaya dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu disini juga ada aquarium raksasa dengan berbagai ikan predator seperti; arwarna, aligator, bawal, dan lainnya.
  • Kampung Gajah
Lembang Park and Zoo
Salah satu spot baru di Lembang Park and Zoo yang mungkin baru ada sekitar akhir tahun 2021, karena mimin baru tau ketika berkunjung pada bulan oktober. Disini kepoers bisa melihat keseruan gajah yang di dampingi oleh pawangnya. 

Mulai dari mandi, membawa rumput, dan berbagai ketangkasan lainnya. Kepoers juga bisa lebih dekat berinteraksi ataupun berfoto dengan gajah, dengan membeli pakan Rp. 10.000,- karena ada spot khusus yang hanya bisa masuk saat kepoers membeli pakan.
  • Area Bermain Anak / Kids Zone
Lembang Park and Zoo
Sesuai dengan konsepnya untuk menjadi destinasi tempat wisata keluarga di Bandung, disini juga ada Storyland & Carnival Games yang didalamnya terdapat berbagai permainan menarik bagi anak - anak seperti, yoyo car, carousel, bianglala, trampoline, ataupun berinteraksi dengan kelinci di taman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kepoers ingin mengajak bermain si kecil, kepoers bisa membeli koin di loket sudah termasuk untuk naik wahana permainan korsel 1 dewasa dan 1 anak. 

Rumah Kucing Lembang Park and Zoo

Neko Cat Cafe adalah tempat menikmati kuliner yang sangat untuk kepoers pecinta kucing, ya sesuai dengan namanya disini bisa bermain dengan puluhan kucing dari berbagai ras dan lokal. Semua kucing bebas berkeliaran didalam ruangan, sehingga bisa diajak bermain.

Sebelum bermain dengan kucing, kepoers juga harus cuci tangan dengan hand sanitizer yang disediakan dan mengganti dengan sandal bersih yang telah disediakan. Itu semua demi menjaga kesehatan kucing – kucing yang ada di dalam.

Selain mengajak bermain, kepoer juga bisa memberi makan kucing dengan membeli makanan sachet yang disediakan. Untuk dapat bermain dengan koleksi kucing yang ada, kepoers harus membeli tiket tambahan sebesar Rp. 30.000,- / jam untuk weekdays sedangkan Rp. 40.000,- untuk weekends.

Tapi, jika kepoers membawa anak yang berusia dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket. Selain itu, disini juga menyediakan berbagai merchandise bertema kucing. Mulai dari baju, gelang, dan lainnya. Oke, selanjutnya dimana letak cafe?

Neko cafe berbeda ruangan dengan kucing, ya mungkin untuk menjaga kebersihan makanan juga. Jadi sambil menunggu anak bermain dengan kucing kepoers bisa coba mampir ke ruangan sebelahnya.
  • Mari Makan
Pengen makanan berat seperti nasi? Kepoers bisa turun kebawah, karena restoran yang satu ini berada di bawah sebelum kepoers naik ke Neko Cat Cafe. Menu yang disediakan bertema keluarga mulai dari harga Rp. 25.000,-. Uniknya disini ada “all you can drink” loh, cukup dengan Rp. 18.000,- kepoers bisa refill sepuasnya.

  • Tiger Resto

Berbeda dengan sebelumnya yang bermain dengan kucing – kucing lucu. Disini kepoers akan menikmati hidangan sambil ditemani “Si Cantik dan Jelita”. Begitulah panggilan untuk 2 ekor kucing besar alias harimau betina benggala yang berusia ±20 bulan.

Ya, disini kepoers bisa mencoba sensasi makan ditemani hewan buas yang bisa terbilang baru untuk  tempat wisata di Lembang bahkan Jawa Barat.

Pengelola meng-klaim konsep restoran ini bukan yang pertama kali di Indonesia, namun untuk di Jabar ini yang pertama. Dinding kandang sengaja dibuat dari kaca agar kepoers dapat melihat secara langsung aktivitas harimau, namun tetap memperhatikan faktor keamanan dengan ketebalan kaca 12 mm (double laminate).

Terkadang harimau juga mendekat ke kaca, hal ini tentu menjadi moment menarik untuk kesempatan berfoto dari dekat. Menu yang disediakan beragam mulai dari sate, bakso, dan masih banyak lainnya.
Menurut bocoran informasi yang didapat, kedepannya juga akan ditambahkan singa putih.

  • Eagle Food Court

Konsep yang dihadirkan lebih seperti kantin dengan berbagai menu mulai dari cemilan sampai makanan berat. Posisinya ada pada bagian belakang, harga yang ditawarkan juga lebih ekonomis dari restoran sebelumnya.

Selain itu, disini juga masih ada restoran lain seperti; Ice Cream Story, Quagga Green Cafe, Belah Doeren, dan toko oleh – oleh Prima Rasa.

Lembang Park and Zoo Review

Berbagai Wahana Permainan di Lembang Park and Zoo:

  • Equestriant
Disini kepoers bisa belajar menaiki kuda pada area yang sudah disediakan dan didampingi dengan instruktur dengan harga Rp. 30.000,-. Masih banyak wahana permainan menarik lainnya, berikut mimin urutkan lengkap dengan harganya.

Wahana Permainan Harga
Water Kiddy Zone Rp.10.000,- Weekdays
Rp.15.000,- Weekends
Perahu / Kano Rp.20.000,- (20 menit)
Padle Boat Rp.20.000,- (20 menit)
Playground Rp.30.000,-
Bianglala Rp.15.000,-
Korsel Kuda Rp.10.000,-
Yoyo Car Rp.20.000,-
Pony Cycle Rp.20.000,-
Amazing Pirates Rp.20.000,-
Rode Rp.20.000,-
Rising Adventure Rp.20.000,-
Motor Disco Rp.20.000,-
Basket Ball Rp.20.000,-

Sementara, untuk permainan ketangkasan ada:

 
Wahana Permainan Harga
Giant Ping Pong Tos Rp.15.000,-
Ping Pong Pond Rp.15.000,-
Bottle Ring Rp.15.000,-
Frogtoss Flinger Rp.15.000,-
Battle Up Rp.15.000,-
Tic Tac Toe Rp.15.000,-
Ring Toss Rp.15.000,-
Archery / Panahan Rp.20.000,-
Ballon Shotter Rp.20.000,-
Lucky Duck Rp.20.000,-
Lucky Fishing Rp.20.000,-
Target Shoot Rp.20.000,-
Inflatable Ocean Rp.20.000,-
Lobster Pot Rp.20.000,-
Dinosaurus Pendulum Rp.20.000,-
Hanging Man Rp.20.000,-

Fasilitas di Lembang Park and Zoo

  • Amphitheater
Tidak jauh dari Eagle Food Court kepoers akan melihat amphiteater, pada weekdays spot yang satu ini mungkin sepi. Berbeda saat weekends pada jam – jam tertentu.

Disini diadakan pertunjukan ketangkasan hewan, seperti; burung macau, kakatua, elang, lovebird, berbagai jenis ular, binturong, kangguru pohon, dan masih banyak lainnya. Seperti yang kita tau kangguru terkenal berasal dari Negara Australia, ternyata kita juga punya kangguru lokal yang berasal dari Papua.

Kalau kepoers ingin menonton pertunjukan hewan, datang pada hari Sabtu jam 14:30 atau pada hari minggu jam 11:00 dan 14:30. Setelah selesai pertunjukan, kepoers bisa diperbolehkan berfoto juga dengan hewan – hewan yang ada tentunya di dampingi oleh keepers.

  • Spot Foto Instagramable

Selain bisa berfoto dengan berbagai koleksi hewan yang ada dengan background pemandangan alam pegunungan, tempat wisata di Lembang yang satu ini juga terdapat satu mobil yang menarik untuk dijadikan spot foto.

Mobil berwarna kuning, sengaja dihias dengan berbagai bunga, membuat spot yang satu ini sayang jika dilewatkan untuk berfoto.

Sarana Transportasi Berkeliling Lembang Park and Zoo

Nah, mimin sarankan sih ketika kepoers datang mending naik kendaraan ini dulu karena gratis. Jadi kepoers bisa berkeliling dulu di dalam untuk mengetahui spot – spot yang ada. Kecuali ya kalau mau langsung berjalan kaki juga tidak masalah.
Lembang Park and Zoo

E-Scooter
Nah yang satu ini cocok jika kepoers cape berjalan kaki, terdapat 2 jenis E-Scooter besar dan kecil. Untuk yang kecil bisa dinaiki 1 penumpang dewasa dan 1 anak dengan harga Rp. 75.000,- per jam, sedangkan yang besar bisa dinaiki 2 penumpang dewasa dan 1 anak dengan harga Rp. 120.000,- per jam.

Sedikit informasi tambahan ya kepoers, jika ingin menyewa e-scooter besar pengemudi / driver wajib punya surat ijin mengemudi (SIM).

Jam Buka dan Tutup Lembang Park and Zoo

Buka dari jam 09:00 – 17:00 pada weekday, sedangkan weekend 08:00 – 18:00.
Mimin sarankan sih sebaiknya kepoers datang pada hari weekday, karena antusiasme pengunjung saat weekdays bisa dibilang cukup padat sehingga kurang leluasa kalau mau foto - foto. :D

Alamat / Lokasi dan Rute Menuju Lembang Park and Zoo

Berada di Jl. Kolonel Masturi No. 171, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Beberapa Rute yang Bisa Kepoers Pilih:
  • Jika keluar dari Gerbang Tol Pasteur kepoers bisa lurus terus dan berbelok kiri kearah Sukajadi (PVJ), lalu naik terus keatas kearah Jl.Setiabudi. Tidak jauh dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kepoers akan bertemu dengan Terminal Ledeng, jangan lurus tapi belok kiri kearah Jl.Kolonel Masturi.
  • Atau jika Jl.Sukajadi macet, kepoers bisa naik lewat Jl.Surya Sumantri (atau kearah Kampus Maranatha). Ketika keluar dari Gerbang Tol Pasteur, jangan lurus ke lampu merah tapi pilih ke pintu pembuangan tol yang ada disebelah kiri, tidak jauh sesudah kepoers tap kartu pembayaran elektronik.
  • Lalu naik keatas melewati kampus, memutar ke Jl.Lemahneundeut selanjutnya belok kiri ke Jl.Terusan Sutami, ikuti jalan sampai ketemu Jl.Sukajadi. Selanjutnya tinggal naik terus keatas seperti rute sebelumnya.
  • Atau jika Gerbang Tol Pasteur sudah macet, kepoers bisa keluar di Gerbang Tol Baros. Ketika sudah keluar tol langsung berbelok kiri kearah Jl.HMS Mintareja Sarjana hukum, lalu belok kanan ke Jl.Baros.
  • Selanjutnya belok kanan kearah Jl.Urip Sumaharjo,lalu ikuti jalan saja sampai nanti di Alun – Alun Cimahi belok kanan kearah Jl.Kolonel Masturi, selanjutnya naik terus keatas mengikuti jalan.

Apakah Bisa Mengadakan Prewedding di Lembang Park and Zoo?

Jika kepoers sedang mencari tempat untuk prewedding, tempat wisata di Lembang yang satu ini juga bisa dijadikan untuk pilihan. Dengan harga Rp. 1.500.000,- kepoers bisa prewedding disini, harga tersebut sudah termasuk dengan:
  • 10 Tiket Masuk dan Bird Aviary
  • Voucher Makan Rp. 150.000,-
  • Kendaraan Wara – Wiri

Siapa Owner Lembang Park and Zoo?

Pemilik dari kebun binatang modern dengan konsep Eropa masih sama atau satu manajemen dengan pemilih Hotel Pohon Inn dan Batu Secret Zoo. Setelah menuai kesuksesan di salah satu kebun binatang di Jawa Timur mulai merambah ke Jawa Barat lebih tepatnya di Kota Bandung.

Lembang Park and Zoo Maps

Bagi kepoers yang masih bingung untuk lokasinya, bisa langsung membuka google maps yang udah mimin kasih. 

Hotel Murah Dekat Lembang Park and Zoo

Kepoers masih mencari tempat untuk menginap? Mimin coba kasih saran ya beberapa tempat menginap yang low budget alias ramah di kantong dengan harga mulai dari seratus ribuan (mimin cek harga pas weekday ya), siapa tau bisa menjadi pilihan.
  1. D'Valley View Lembang 
  2. Nur Alam Hotel
  3. Juvante Hotel
  4. Hotel Kupu - Kupu
  5. Aurora Inn
Oke, Kita OOT sedikit ya kepoers. Beberapa update perisitiwa yang ada.

Lembang Park and Zoo Kebanjiran?

Ya, mungkin dari beberapa pembaca Kepoin Bandung pernah nonton video viral yang beredar di sosial media sekitar setahun yang lalu. Seekor kuda terjebak di kandang dengan keadaan hujan lebat dan banjir yang disertai dengan sampah dan kayu ranting.

Kejadian itu memang dibenarkan terjadi, menurut manajer operasional banjir disebabkan karena adanya saluran air yang tersumbat oleh batang pohon.  Tetapi setelah di konfirmasi, kuda yang ada di video tersebut keadannya baik - baik saja.

Kebun Binatang yang berada di Lembang itu, sempat ditutup untuk umum selama satu hari penuh, dikarenakan alasan untuk membersihkan sisa - sisa banjir dan mengantisipasi terjadinya kejadian serupa. 

Lembang Park and Zoo Kemalingan?

Ya, kejadian itu juga benar terjadi. Sangat disayangkan, ntah bagaimana ceritanya beberapa koleksi burung yang ada raib di gondol maling pada 23 Mei 2022. Total kerugian pihak pengelola kurang lebih 250 juta.

Sekian ulasan kepoinbandung.com semoga dapat membantu memberikan refrensi tujuan berlibur kepoers.

nathan
nathan Cuma seorang penulis tentang tempat wisata dan kuliner yang ada di Kota Bandung. KepoinBandung.com